Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perajin Sentani Antusias Sambut FDS 2011

Kompas.com - 25/05/2011, 16:15 WIB

SENTANI, KOMPAS.com - Masyarakat Kabupaten Jayapura, Papua, menyatakan siap turut mensukseskan pesta akbar budaya Festival Danau Sentani (FDS) IV yang akan digelar 19-23 Juni 2011.

Salah satu perajin kulit kayu, Marlin Ohe di Sentani mengatakan, masyarakat antusias menyambut pelaksanaan FDS ke-IV dengan berbagai persiapan seperti menyiapkan hasil keterampilan untuk dipamerkan nanti. "Dampak dari pelaksanaan FDS sangat dirasakan masyarakat terutama dalam meningkatan pendapatan yang tidak hanya pada saat pelaksanaan saja, namun setiap hari," katanya, Rabu (25/5/2011).

Marlin mengatakan, dengan ruang yang cukup besar diberikan panitia kepada masyarakat untuk memamerkan hasil kerajinan mereka, cukup bermanfaat bagi masyarakat terutama di kawasan pantai wisata Kalkhote.

Sementara persiapan untuk sukseskan pesta budaya itu, panitia pelaksana sudah dimulai sejak awal 2011 hingga saat ini, seperti persiapan fisik berupa lokasi pergelaran akbar di Kalkote tersebut.

Selain itu telah digelar latihan berbagai atraksi seni budaya khas di Bumi Khenambai Umbai. Seperti biasanya, pembukaan FDS di bibir Danau Sentani mendatang, semua peserta akan mendapatkan suguhan panorama danau yang indah itu dan berbagai tarian tradisional khas Papua yang dibawakan putra-putri dari provinsi tertimur Indonesia ini.

Pesta budaya tahunan itu bertujuan mendukung program pemerintah di bidang kepariwisataan, melestarikan nilai-nilai budaya lokal untuk memperkaya khazanah budaya nasional. "FDS bertujuan mengangkat dan melestarikan nilai-nilai budaya masyarakat asli Papua dan dikemas sedemikian rupa menjadi paket-paket budaya yang siap dijual kepada wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan domestik," kata ketua panitia FDS, Ir Ana OR Sawai.

Festival itu juga memperkenalkan potensi budaya Papua khususnya wisata Kabupaten Jayapura, mendorong pengembangan berbagai objek wisata dan mendorong pertumbuhan serta pengembangan investasi khususnya di sektor industri pariwisata.

Penyelenggaraan pesta budaya FDS IV akan menghadirkan beragam pesona Papua, mengusung tema Love, Peace And Harmony, sementara FDS 2010 bertema Loving Culture For Our Future.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com