Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kampanye Kemasan Ramah Lingkungan

Kompas.com - 18/05/2011, 19:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hingga saat ini sebanyak 40 retailer di Jakarta telah menggunakan kantong plastik dan kemasan plastik ramah lingkungan. Kampanye penggunaan kemasan plastik yang mudah terurai di alam tersebut telah digalakkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak 2010.

"Dalam tahun 2011 ini ditargetkan penambahan 40 retailer lagi yang mau menggunakan kemasan plastik ramah lingkungan," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Eko Bharuna, Rabu (18/5/2011) di Jakarta.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah mengamanatkan setiap produsen mencantumkan label yang berhubungan dengan pengurangan dan penanganan sampah pada kemasan produknya serta berkewajiban mengelola kemasan dan atau barang yang diproduksinya yang tidak dapat atau sulit terurai oleh proses alam.

Penyelenggaran kampanye ini berhubungan dengan volume penggunaan plastik yang tidak ramah lingkungan dan tidak mudah hancur masih sangat tinggi. Plastik tak ramah lingkungan membutuhkan waktu 1.000 hingga 5.000 tahun untuk terurai di dalam tanah. Sementara plastik ramah lingkungan hanya membutuhkan waktu dua tahun.

Bersama Indonesia Solid Waste Association (Inswa), Pemprov DKI Jakarta tidak hanya melakukan kampanye publik terus-menerus, tetapi juga memberi penghargaan kepada perusahaan ritel ataupun produsen yang telah menggunakan plastik ramah lingkungan. Penghargaan tersebut diberikan setiap perayaan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni.

"Juni tahun ini, saat perayaan HUT DKI Jakarta, akan ada pemberian penghargaan kepada retailer, seperti supermarket, minimarket, dan hipermarket, yang sudah memakai plastik ramah lingkungan," kata Eko.

Pendiri Greeneration Indonesia (ID) Junerosano mengemukakan, perang terhadap kantong plastik yang tidak ramah lingkungan cukup berat, terutama di sektor rumah tangga. Berdasarkan data penelitiannya, setiap orang membuang 700 kantong plastik per tahun. Atau, dalam sehari minimal satu hingga lima kantong plastik yang dikonsumsi.

Saat ini, banyak retailer yang telah menggunakan plastik biodegradable atau tas daur ulang keluaran Greeneration Indonesia. "Itu sebabnya Greeneration tanpa kenal lelah melakukan kampanye kepada publik agar mau melupakan kantong plastik. Saat ini kami terus melakukan Kampanye Diet Kantong Plastik," kata Junerosano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com