Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Impor Bahan Baku Plastik, 1 Juta Ton

Kompas.com - 10/05/2011, 15:49 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.Com - Satu juta ton kebutuhan bahan baku industri plastik atau sekitar 40 persen dari total kebutuhan, hingga kini masih bergantung impor. Untuk mewujudkan target swasembada pada tahun 2020, dibutuhkan pembangunan tiga kilang minyak baru.

"Kebutuhan bahan baku plastik kita tahun 2,6 juta ton, namun ketersediaan dalam negeri baru 1,6 juta ton. Sisanya kami impor dari berbagai negara, terutama China dan Jepang," kata Sekretaris Asosiasi Industri Olefin Aromatik dan Plastik Indonesia (Inaplas), Fajar AD Budiyono, di Jakarta, Selasa (10/5).

Menurut dia, kebutuhan bahan baku tiap tahun mengalami peningkatan. Tahun 2010 kebutuhan mencapai 2,4 juta ton, dan tahun ini sudah meningkat menjadi 2,6 juta ton. Kebutuhan plastik terus meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk. Sayangnya kita masih bergantung pada bahan baku impor," kata Fajar.

Fajar menambahkan, bahan baku plastik berasal dari olahan minyak bumi. Saat ini pemerintah sudah memiliki lima kilang minyak yakni Cilacap, Balikpapan, Balongan, Wajo, dan Dumai. Selain itu masih ada dua kilang minyak swasta. " Kapasitasnya masih terbatas sehingga butuh tiga kilang minyak lagi," katanya.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com