Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Paparkan 3 Prioritas Indonesia

Kompas.com - 05/05/2011, 13:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ketika membuka Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa pertama di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (5/5/2011), memaparkan tiga prioritas utama Indonesia di ASEAN pada tahun 2011. Tahun ini, Indonesia menjabat sebagai Ketua ASEAN.

"Pertama, Indonesia ingin memastikan perkembangan yang signifikan dalam mewujudkan Komunitas ASEAN pada 2015. Untuk Komunitas Ekonomi ASEAN, hal ini merupakan proses perluasan dan perdalaman ekonomi ASEAN sebagai mesin pertumbuhan," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Indonesia juga ingin mempersempit jurang perbedaan pembangunan ekonomi di antara negara-negara anggota ASEAN. Indonesia menginginkan ASEAN yang lebih inklusif dan seimbang.

Presiden SBY mengatakan, pembangunan infrastruktur dan konektivitas bukan hanya sekedar efisiensi, tapi juga mengurangi disparitas. "ASEAN juga akan terus melakukan mekanisme regional dan kerja sama dalam merespon tantangan makro ekonomi, keamanan pangan, dan lainnya," kata SBY. Kedua, Indonesia ingin memperkuat hubungan ASEAN dengan Asia Timur.

Hal ini, kata SBY, membutuhkan koordinasi untuk kebijakan makro ekonomi, utamanya yang berkaitan dengan keamanan pangan dan energi, konsolidasi berbagai perjanjian perdagangan, dan mengedepankan isu perubahan iklim.

Sementara itu, prioritas ketiga, Indonesia ingin memasatikan perjanjian dan kerja sama regional dapat berkontribusi pada perjanjian global.

"Keterlibatan ASEAN yang semakin tinggi di forum-forum internasional sebaiknya tak hanya ditujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan saja, tapi juga mendorong investasi dan meningkatkan ketahanan kita terhadap ancaman krisis di masa mendatang," kata SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com