Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Tetap Eksis Pasca-Osama bin Laden

Kompas.com - 04/05/2011, 03:54 WIB

Bagaimana nasib Al Qaeda setelah tewasnya Osama bin Laden? Diperkirakan kematian Osama tidak berpengaruh terhadap operasi Al Qaeda. Secara konseptual dan ideologi kelompok ini tidak akan punah selama faktor-faktor yang mendorong eksistensinya masih bercokol di muka bumi.

Tewasnya Osama hanya memberi dampak kemenangan psikologis, khususnya di Amerika Serikat dan dunia Barat. Setelah tragedi 11 September 2001 itu, sesungguhnya Osama lebih sebagai simbol ketimbang pemegang komando atau perancang operasi.

Bahkan, hubungan Osama dengan jaringan Al Qaeda di mana pun praktis putus.

Hidup Osama pun terisolasi. Opsi hidup terisolasi sudah menjadi pilihannya setelah tragedi 11 September 2001 itu dengan dalih keamanan. Namun, Osama telah mengubah Al Qaeda, dari Tanzim dengan sistem komando yang sentralistis menjadi jaringan dengan sistem desentralisasi komando di mana para loyalis Al Qaeda di seluruh dunia diberi otonomi luas untuk merancang dan melaksanakan operasinya.

Al Qaeda pun bukan lagi berbentuk organisasi ketat, tetapi hanya sebagai payung ideologi. Perencanaan dan pelaksana operasi diserahkan sepenuhnya kepada organisasi atau tokoh regional Al Qaeda di berbagai negara.

Lebih berbahaya

Karena itu, berbagai operasi Al Qaeda beberapa tahun terakhir ini lebih terindentifikasi pada Al Qaeda regional seperti Al Qaeda di Semenanjung Arab yang bertanggung jawab di Yaman dan Arab Saudi, Al Qaeda di bilad Rafidain yang bertanggung jawab di Irak, Al Qaeda di Maghrib Arab yang bertanggung jawab di Maroko, Aljazair, Tunisia, dan Libya, serta sel-sel dalam bentuk lebih kecil di AS, Eropa, Asia Tengah, dan Asia Tenggara.

Semua aksi kekerasan besar dalam sepuluh tahun terakhir ini dirancang dan dilaksanakan oleh tokoh atau simpatisan Al Qaeda regional yang jauh dari campur tangan Osama atau Al Qaeda pusat. Aksi kekerasan besar , seperti bom Bali (2002 dan 2005) dan lainnya di dunia, dilakukan pengagum Osama.

Kini sudah muncul pula tokoh-tokoh Al Qaeda regional yang sesungguhnya saat ini lebih berbahaya dari Osama bin Laden, di antaranya tokoh intelektual Al Qaeda di Semenanjung Arab, Anwar al Aulaqi (38), yang kini hidup di Yaman. Al Aulaqi adalah warga negara AS asal Yaman yang lahir di New Meksiko, AS, dan bekerja sebagai khatib di Masjid Dar al Hijrah di wilayah Virginia sebelum tragedi 11 September 2001.

Di Irak ada tokoh Al Qaeda berbahaya, Abu Musab Al Zarqawi, yang tewas pada 2006. Di jajaran Al Qaeda Maghrib Islami ada Abu Musab Abdul Wadud, Mukhtar Bu Mukhtar, Abu Yahya Libi, dan Abu Salah Mohamed. Di Indonesia dulu ada Azhari dan Noordin M Top yang telah tewas. Di setiap negara atau regional pasti punya tokoh masing-masing. Mereka ini sebenarnya lebih berbahaya dari Osama bin Laden. (mth)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com