Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jatim Siapkan Pergub Larangan NII

Kompas.com - 03/05/2011, 13:26 WIB

PAMEKASAN, KOMPAS.com — Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan mengeluarkan peraturan gubernur tentang larangan Negara Islam Indonesia (NII).

Saat ini rencana tersebut masih dalam tahap pembicaraan dengan Gubernur Jatim Soekarwo. "Saya kira Pak Gubernur tidak akan menolak jika memang sangat dibutuhkan," ujarnya, Selasa (3/5/2011).

Penjelasan itu diungkapkan Saifullah saat menggelar koordinasi dengan ratusan ulama Madura di Pamekasan dalam rangka mengantisipasi penyusupan paham NII di wilayah Madura.

Namun, Saifullah masih akan mempertimbangkan terlebih dahulu adanya keresahan masyarakat dengan NII. "Jika masyarakat sudah sangat resah dengan adanya NII, secepatnya pergub tersebut akan diterbitkan," tegasnya.

Saifullah mengatakan, kasus NII yang marak terjadi di beberapa daerah harus diantisipasi pula di Madura. Langkah antisipasi tersebut sangat efektif dengan menggunakan kiai yang berbasis pesantren. "Kiai memiliki peran strategis untuk menghadang NII," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com