Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sutiyoso: Kalau Foke, Nilai Saja Sendiri

Kompas.com - 20/04/2011, 18:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso mengatakan, gubernur Jakarta yang baru nanti harus memiliki rekam jejak khusus, terutama pengalaman dalam kepemimpinan. Pasalnya, kondisi Jakarta yang kompleks, mulai dari masalah perkotaan hingga komposisi penduduknya, membutuhkan pemimpin yang memiliki kemampuan manajerial yang baik.

"Provinsi Ibu Kota itu adalah miniatur Indonesia. Jadi, masalah yang dihadapi Ibu Kota itu bukan masalah lokal, tetapi masalah nasional dan internasional. Memang kriteria gubernurnya harus beda. Utamanya dia punya wawasan, mesti punya karakter strong leadership. Penduduk yang dipimpin Gubernur DKI itu kan dari kuli batu sampai RI 1. Jadi, tidak mudah," ungkapnya di Gedung DPD, Jakarta, Rabu (20/4/2011).

Menurut Sutiyoso, kriteria kepemimpinan yang baik mutlak dimiliki oleh pemimpin DKI nantinya. Soal kampanye bisa saja berbeda, tetapi rekam jejak kepemimpinan harus menjadi prioritas. Sementara itu, mengenai kemungkinan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo untuk kembali maju, Sutiyoso enggan berkomentar panjang.

"Kalau Foke, you nilai sendirilah, selama lima tahun ini, apakah layak dipilih kembali atau tidak. Kalian sendiri yang nilai, jangan saya," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com