Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Wisata ke Borobudur Harus Memutar

Kompas.com - 31/03/2011, 22:00 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Yohan Gunawan, Direktur Utama Bus Pariwisata PT Karya Jasa, Yogyakarta, kaget saat mengetahui jembatan Pabelan yang menghubungkan Muntilan dengan Magelang ambrol akibat terjangan lahar dingin, Rabu (30/3/2011) malam.

"Sebab hari ini ada angkutan wisata yang mengantarkan ke Borobudur untuk berwisata," katanya, saat ditemui di tempat kerjanya, Kamis (31/3/2011).

Pria penggemar fotografi itu mengatakan, baru mengetahui jembatan ambrol saat dikabari karyawan yang mengakut rombongan ke Magelang.

"Rombongan terpaksa berbelok arah lain sebab jembatan tidak bisa dilalui kendaraan besar. Bus harus melalui Purworejo untuk sampai Magelang, " ujar Yohan.

Akibatnya, biaya operasional untuk perjalanan sedikit bertambah sebab bus melalui jalur yang lebih jauh dibandingkan sebelumnya.

Menurut Yohan, bencana yang terjadi di Yogyakarta memiliki dampak positif dan negatif bagi usahanya yang dikembangkan sejak tahun 1995.

"Saat terpuruk itu pas gempa, semua orderan ke Yogyakarta dibatalkan, tapi untuk bencana Merapi malah ada yang minta order ke sana," ujarnya.

Yohan yang memiliki sekitar 60 unit bus berharap dampak bencana Merapi lekas usai. "Agar dinamika wisata di Yogyakarta tetap stabil untuk perkembangan bisnis pariwisata," katanya. (Tribun Jogja/Iwan Al Khasni)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com