Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balaikota dan Bundaran HI Akan Dimeriahkan Aneka Kegiatan

Kompas.com - 26/03/2011, 04:12 WIB

Jakarta, Kompas - Sejumlah kegiatan luar ruangan sudah disiapkan untuk menyambut Earth Hour, Sabtu (26/3) pukul 20.30-21.30 di halaman Balaikota DKI Jakarta dan Bundaran Hotel Indonesia atau HI. Lokasi tersebut diperkirakan akan dibanjiri lebih dari 1.000 orang saat acara pemadaman listrik massal itu.

Di Balaikota DKI Jakarta, kegiatan yang diprakarsai WWF dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ini akan diisi dengan berbagai kegiatan yang dibingkai dalam Kampung Betawi Hemat Energi. Sejumlah artis juga akan menghibur warga di panggung balaikota saat listrik di kompleks ini dipadamkan.

Di Bundaran HI, sejumlah komunitas sepeda akan memeriahkan acara Earth Hour sejak sore. Selain itu, empat teropong bintang dari Asosiasi Astronomi Amatir juga ditaruh di Bundaran HI agar warga dapat menyaksikan bintang dalam kegelapan saat listrik padam total. Komunitas Jakarta Criticial Mass juga akan menggelar makan bersama dengan cahaya lilin.

”Sudah ada sekitar 700 orang yang mengonfirmasikan kehadiran untuk acara di Balai Kota. Jumlah ini melampaui target semula, yakni 500 orang. Sementara di Bundaran HI belum ada perkiraan peserta karena ada berbagai komunitas yang membuat acara di sana, termasuk sekitar 1.000 orang yang akan bersepeda,” kata penanggung jawab Earth Hour, Verena Puspawardani, Jumat (25/3).

Masyarakat yang tidak punya aktivitas khusus di rumah saat Earth Hour bisa bergabung dengan berbagai kegiatan yang diadakan di dua lokasi itu. Verena berharap warga yang datang tidak menggunakan kendaraan bermotor, melainkan menggantinya dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kendaraan umum.

Aktivitas di balaikota diperkirakan berakhir pukul 22.00.

”Kalau terlalu malam, akan banyak juga energi listrik yang terpakai,” ucapnya.

Pertokoan dan perkantoran yang ada di sepanjang Jalan Thamrin juga sudah banyak yang menyatakan akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Secara terpisah, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Fadjar Panjaitan memastikan listrik di Kompleks Balaikota DKI Jakarta akan dipadamkan selama Earth Hour.

”Kami juga sudah mengirimkan surat ke seluruh wali kota di Jakarta agar ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ucap Fadjar.

Penghematan energi listrik saat Earth Hour diharapkan tidak hanya menjadi acara satu hari saja, tetapi berlanjut menjadi bagian hidup masyarakat. (ART)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com