Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Nissan dan Suzuki Beroperasi Kembali

Kompas.com - 21/03/2011, 16:03 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Nissan Motor Company (NMC) Jepang mulai menjalankan aktivitas bisnisnya pascabencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi 11 Maret 2011. Prinsipal mengatakan, hari ini (21/3)  beberapa fasilitas produksi sudah mulai pulih dan segera beroperasi kembali. Dalam empat hari mendatang (24/3), NMC akan mengoperasikan enam pabrik dan beberapa fasilitas perakitan di seluruh Jepang.

Langkah Nissan diikuti oleh Suzuki Motor Corporation yang akan mengoperasikan pabrik di Toyokawa (sepeda motor) dan Kosai, Sagara serta Iwata (untuk mobil) mulai besok (22/3). Unit kendaraan yang sudah setengah jadi dan terhenti akibat kurangnya pasokan sumber energi, diprioritaskan penyelesainnya. Sedangkan untuk pabrik mesin di Takatsuka belum dioperasikan sementara waktu.

Sementara itu, Toyota Motor Corporation masih mengikuti jadwal penutupan fasilitas produksi yang diumumkan sebelumnya setidaknya sampai 21-22 Maret. Honda Motor Company juga masih menunggu kondisi membaik hingga 23 Maret sekaligus menentukan keputusan selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com