Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Bantuan Pembaca Kompas

Kompas.com - 19/03/2011, 23:31 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Gedung baru sekolah TK - SD Tirtonadi, Kota Padang Sumatera Barat, Sabtu (19/3) diresmikan penggunaannya oleh Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Trias Kuncahyono dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang didampingi pula oleh Wakil Walikota Padang MahyeldiAnsharullah . Bantuan pembaca Harian Kompas yang disalurkan lewat Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) terdiri atas bangunan dua lantai dengan 16 ruang kelas.

Kepala TK dan SD Tirtonadi, Natalia Aylinda Oetama, sebelumnya mereka menempati bangunan lama dengan 12 ruang kelas. Bangunan lama itu rusak setelah diguncang gempa bumi berkekuatan 7,9 skala Richter pada 30 September 2009 lalu. "Sekarang dengan bangunan baru ini, sudah ada ruang multimedia untuk murid-murid TK, dan ruang IPA, ruang IPS, serta workshop untuk murid-murid SD," kata Natalia.

Valencia Pangesti (11), salah seorang murid sekolah itu mengatakan dirinya sungguh senang bisa kembali bersekolah dengan di bangunan yang baru. Ia mengatakan, dirinya merasa lebih aman dan nyaman belajar di bangunan sekolah baru itu. "Sekarang sudah tidak takut lagi," kata Valencia.

Ketua YDKK Mohammad Nasir mengatakan, SD Tirtonadi dibangun kembali dengan biaya sekitar Rp 2,7 miliar. Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas Trias Kuncahyono dalam kesempatan peresmian itu mengatakan gedung baru itu dibangun atas kemurahan hati masyarakat pembaca Harian Kompas.

Menurut Trias, bantuan yang diberikan dari pembaca Harian Kompas yang disalurkan lewat YDKK itu melintasi batas-batas agama, suku, ras, dan golongan. Ia juga meminta agar gedung sekolah bantuan pembaca Harian Kompas itu dipelihara dengan baik.  

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang juga menghadiri peresmian itu mengatakan, bantuan itu harus disyukuri karena menggembirakan semua pihak. Ia mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumbar masih terus membutuhkan bantua n serupa untuk membangun kembali sejumlah sarana dan prasaranan yang rusak diguncang gempa.   (Ingki Rinaldi)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com