Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garuda Siap Angkut Bantuan ke Jepang

Kompas.com - 15/03/2011, 18:46 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan, maskapai penerbangan Garuda Indonesia bersedia mengangkut bantuan logistik yang diberikan pemerintah Indonesia dan perusahaan-perusahaan Jepang untuk korban gempa dan tsunami di Negeri Sakura itu. Hal ini disampaikan Mustafa seusai bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (15/3/2011).

"Garuda nanti bisa memfasilitasi, mengangkut kargo dari perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di sini," kata Mustafa.

Ketika ditanya lebih rinci kapan Garuda akan membawa bantuan pemerintah Indoneia, Mustafa belum dapat memastikannya. Mustafa juga belum dapat memberikan informasi frekuensi penerbangan Garuda menuju Jepang.

Selain pemerintah dan perusahaan Jepang, Mustafa juga mendorong kelompok masyarakat madani untuk turut serta memberikan bantuan kepada Jepang. Saat ini, Jepang dikatakan membutuhkan selimut dan air minum.

Sementara itu, pengiriman tenaga medis diperkenankan sepanjang yang bersangkutan dapat bekerja independen tanpa mengandalkan bantuan pihak lain, misalnya penerjemah bahasa.

Sejauh ini, pemerintah baru mengirim lima tenaga bantuan di bidang kesehatan ke Jepang. Kelima orang tersebut mampu berbahasa Jepang sehingga dapat langsung bekerja tanpa bergantung pada pihak lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com