Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nurdin: Saya Tak Pernah Bicara Intervensi

Kompas.com - 01/03/2011, 15:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum PSSI Nurdin Halid menyatakan dirinya tak pernah menyebut kalau pemerintah telah melakukan intervensi terhadap PSSI. Nurdin mengatakan, kata intervensi ini muncul dari surat yang dikirimkan FIFA.

"Saya tak pernah bicara intervensi, yang bilang intervensi itu surat yang dkirimkan FIFA," kata Nurdin dalam rapat dengan pendapat umum dengan Komisi X DPR di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (1/3/2011).

Ia menceritakan, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah beberapa waktu lalu mengirimkan surat kepada PSSI terkait hasil verifikasi Komite Pemilihan. Inti surat itu adalah meminta Komite Banding meloloskan nama dua calon Ketua Umum, yakni George Toisutta dan Arifin Ponigoro.

PSSI kemudian mengirimkan surat itu kepada FIFA dan FIFA membalasnya dengan menulis kalau pemerintah telah mengintervensi dengan melanggar Statuta FIFA Pasal 13 dan 17. Nurdin mengaku takut jika nantinya FIFA bertindak tegas dengan membekukan PSSI.

"Bila sudah demikian (dihukum FIFA), alangkah malunya kita yang akan menyelenggarakan SEA Games 2011 tidak bisa ikut jadi peserta. Lalu juga ada laga Pra-Olimpiade. Kita juga tidak boleh menyelenggarakan tanding internasional," lanjut Nurdin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com