Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Lahar, Sepertiga Dusun Longsor

Kompas.com - 20/02/2011, 23:50 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Sepertiga wilayah Dusun Karangasem, Desa Blongkeng, Kecamatan Ngluwar, Sleman, Yogyakarta longsor akibat diterjang banjir lahar dingin yang berulangkali terjadi di Kali Putih. Luasan tanah yang tergerus banjir lahar dingin kini mencapai sekitar delapan hektar.

Kepala Dusun Karangasem, Muhaimin mengatakan kejadian tanah longsor tersebut juga menyebabkan delapan rumah yang berdiri di atasnya rusak. "Dengan kondisi tersebut, maka 24 kepala keluarga yang masih bertempat tinggal di sisa tanah tersebut, akhirnya ketakutan dan memutuskan mengungsi di Balai Desa Blongkeng," ujarnya. Minggu (20/2/2011).

Permukiman Dusun Karangasem sendiri berada di daerah tebing dengan ketinggian 19 meter dari Kali Putih. Dengan longsor yang beberapa kali terjadi, jarak rumah terakhir dengan tepian tebing saat ini hanya berjarak tiga meter hingga lima meter saja.

Nangsib, salah seorang warga Dusun Karangasem, mengaku saat ini tidak lagi berani men empati rumahnya. Akibat banjir lahar dingin yang berulangkali terjadi sejak Januari 2011 hingga sekarang, separuh pekarangannya telah hilang. "Jika terjadi banjir lagi, rumah saya sangat rawan longsor," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com