Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop yang Dicuri Milik Staf Menperin

Kompas.com - 20/02/2011, 22:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Misteri dugaan pencurian di salah satu kamar delegasi Indonesia di lantai 19 Hotel Lotte, Seoul, Korea Selatan mulai terkuak. Kamar yang diduga telah dimasuki pencuri itu ternyata diinapi salah seorang staf Menteri Perindustrian MS Hidayat.

"Staf Pak Hidayat itu merasa bahwa kamarnya ada yang memasuki, sehingga kemudian dia melapor kepada petugas pengamanan hotel. Lalu, mereka memeriksa melalui kamera CCTV, dan memang ada orang yang masuk. Namun, kemudian diketahui bahwa ketiga orang tersebut salah kamar," ungkap Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Jakarta, Minggu (20/2/2011).

Menurut Hatta, keterangan tersebut dia peroleh langsung dari Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Nicolas T Dammen yang dihubungi melalui telpon malam ini. Setelah kondisi kamar dinilai aman, staf Menteri Perindustrian itu tidak melanjutkan laporan pencuriannya itu.

"Saya juga kaget, kok selama saya di Korea kemarin (15-17 Februari 2011) tidak ada berita tentang pencurian ini. Sekarang semuanya sudah jelas," katanya.

Diberitakan sebelumnya, laptop salah satu anggota delegasi Indonesia sempat dicuri dan disalin datanya. Media lokal di Korea Selatan, Korea Times dan Kantor Berita Yonhap melaporkan bahwa data dalam laptop salah satu anggota delegasi Indonesia dicuri tiga orang tersangka. pelaku menyalin data yang diduga data-data informasi rahasia militer terkait rencana pembelian pesawat tempur Korea Selatan oleh militer Indonesia menggunakan USB memory stick. Polisi menduga pelaku bagian dari jaringan mata-mata internasional dan sengaja mengincar delegasi tersebut mengingat lokasi kamar di lantai 19 hotel tempat menginap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com