Ahmadiyah Gorontalo Akan Diayomi

Kompas.com - 10/02/2011, 13:33 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

GORONTALO, KOMPAS.com — Forum Keurukunan Umat Beragama Kota Gorontalo berjanji akan mengayomi penganut Ahmadiyah di kota tersebut.

Deklarasi tersebut dilontarkan bersama perwakilan berbagai agama di Kota Gorontalo, Kamis (10/2/2011). Mereka juga meminta pemerintah tegas dalam menindak pelaku anarki dan penistaan terhadap agama.

Menurut Ketua Forum Keurukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Gorontalo Syaipudin Mateka, deklarasi tersebut dilakukan sebagai langkah pencegahan atas ancaman konflik berbau agama di Kota Gorontalo. Pihaknya pun sangat menyesalkan terjadinya aksi anarkistis di Kabupaten Pandeglang, Banten, serta Temanggung, Jawa Tengah.

"Tidak banyak pengikut Ahmadiyah di Kota Gorontalo, sekitar 20 orang saja. Itu pun berasal dari luar Kota Gorontalo. Namun, mereka akan kami ayomi selama tidak memecah-belah persatuan dan kerukunan umat beragama di kota ini," kata Syaipudin seusai pembacaan deklarasi di Kantor Kementerian Agama Kota Gorontalo.

Saat ditanya apakah FKUB Kota Gorontalo mendukung pembubaran organisasi masyarakat yang bertindak anarkistis, Syaipudin menyerahkan sepenuhnya langkah tersebut kepada pemerintah. Ia mengaku percaya upaya-upaya semacam itu sudah diatur berdasarkan undang-undang. Namun, ia tetap berharap pemerintah bertindak tegas kepada semua pelaku penistaan agama atau tindak anarkistis sesuai dengan peraturan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.