Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Kembali Merendam Kapuas Hulu

Kompas.com - 03/02/2011, 13:57 WIB

PUTUSSIBAU, KOMPAS.com - Banjir pasang Sungai Kapuas dan hujan deras setiap malam selama empat hari terakhir ini kembali membuat beberapa kecamatan di Kabupaten Kapuas Hulu terendam banjir. Selain permukiman, banjir juga menggenangi jalan-jalan utama sehingga aktivitas masyarakat terganggu.

Camat Silat Hilir Jumran, Kamis (3/2/2011), mengatakan, banjir menggenangi ibukota kecamatan dan dua desa, yakni Desa Baru dan Desa Parigi. Setelah empat hari merendam, banjir perlahan mulai surut.

"Namun, bisa saja naik lagi kalau hujan deras kembali turun dan Sungai Kapuas kembali pasang," kata Jumran.

Di Putussibau, ibukota Kabupaten Kapuas Hulu, banjir menggenang sekitar 50 sentimeter di jalan utama. Mokhlis Efendi (40), warga Dogom, Putussibau, mengatakan, sebagian masyarakat masih kesulitan bepergian menggunakan kendaraan.

Camat Embaloh Hilir, Riduan mengatakan, lima dari sembilan desa di wilayahnya tergenang banjir. "Memang tidak separah tahun 2010 lalu, tetapi tetap mengganggu aktivitas warga karena jalan utama di ibu kota kecamatan juga terendam," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com