Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Evakuasi WNI Mendarat di Jeddah

Kompas.com - 01/02/2011, 11:10 WIB

JEDDAH, KOMPAS.com -  Sebelum mengangkut warga negara Indonesia dari Kairo, Mesir, pesawat Garuda Indonesia Boeing 747-400 yang membawa 19 orang Tim Pendahulu Satuan Tugas Evakuasi WNI dari Kairo, Selasa (1/2) pukul 06.00 waktu setempat atau pukul 10.00 WIB, mendarat di Bandar Udara Internasional Jeddah, Arab Saudi.

Dari informasi yang diterima Kompas dari Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI, Selasa subuh ini, pesawat tidak bisa langsung mendarat di Bandar Udara Kairo, melainkan harus transit terlebih dulu di Bandara Jeddah. "Setibanya di Jeddah, kami masih harus menunggu delapan jam lagi untuk bisa menuju Kairo," ujar seorang anggota Tim Pendahulu Evakuasi Warga, dalam perbincangan di pesawat. Menurut dia, belum diketahui alasan mengapa pesawat mesti menunggu delapan jam lagi untuk ke Kairo.

"Apakah masih harus menunggu izin mendarat dulu di Kairo, ataukah menunggu slot time (pengaturan) di Bandara, ataukah masih harus menunggu berkumpulnya WNI kita di bandara atau apa? Kami belum tahu. Nanti, kalau sudah mendarat, baru akan dicek," ujar anggota tim itu lagi.

Saat menunggu di Bandara Jeddah, anggota Tim Pendahulu Satgas Evakuasi WNI, tidak diperkenankan turun dari pesawat mengingat tidak ada izin untuk turun di Jeddah. Visa yang diterima rombongan Tim Pendahulu hanya untuk turun dan tinggal selama sebulan di Kairo.

Semalam, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, menyatakan, jika memungkinkan sebanyak 400 orang WNI dari Kairo, yang prioritasnya kaum wanita dan anak-anak, akan segera diterbangkan ke Jakarta melalui Jeddah. Diharapkan, pada pukul 08.00 waktu setempat atau berakhirnya jam malam yang diberlakukan pemerintahan Mesir, keberangkatan 400 orang pengungsi dari empat titik akan diangkut dengan bus menuju Konsuler RI di Naser City atau langsung ke Bandara Kairo.

Sebanyak 400 orang itu adalah bagian dari 2.500 orang WNI yang disebutkan ingin kembali ke Indonesia dari jumlah total 6.100 orang WNI yang ada di Kairo, Mesir. (HAR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com