Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gayus Akui ke Luar Negeri kepada Polisi

Kompas.com - 08/01/2011, 04:42 WIB

Jakarta, Kompas - Mantan pegawai pajak yang juga terdakwa kasus korupsi dan pemberian keterangan palsu, Gayus HP Tambunan, mengaku pergi ke Makau, Kuala Lumpur, dan Singapura dengan paspor yang diduga dipalsukan. Pengakuan itu disampaikan kepada penyidik Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Penyidik Polri belum mendalami motif kepergian Gayus Tambunan ke luar negeri itu. Hal tersebut dikatakan Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam di Jakarta, Jumat (7/1).

”Dari interogasi sementara, Gayus mengaku ke Makau, Kuala Lumpur, dan Singapura,” ujar Anton. Gayus ke luar negeri bersama istrinya. Namun, ia belum dapat menjelaskan motif kepergian Gayus itu.

Menurut Anton, Gayus ke luar negeri memakai paspor yang diduga dipalsukan. Paspor dibuat calo. Namun, belum dipastikan tempat pembuatan paspor itu.

Menurut Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar, pengakuan Gayus itu disampaikan secara informal kepada penyidik. Gayus ke luar negeri pada 24 September 2010 dan kembali 26 September 2010. Ia pergi lagi pada 30 September 2010 dan kembali 2 Oktober 2010.

Namun, menurut Boy, pengakuan Gayus itu bukan disampaikan dalam pemeriksaan secara pro justitia. ”Saya tak menjamin kalau di berita acara pemeriksaan, (pengakuan) berubah,” katanya. Dari pemeriksaan sementara, paspor atas nama Sony Laksono, dengan foto mirip Gayus, memakai blangko asli. Namun, isinya diduga dipalsukan.

Di Pekanbaru, Riau, Jumat, Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar mengaku belum berani memastikan Sony Laksono adalah Gayus. Pasalnya, Kemenhuk dan HAM tak punya perangkat untuk memastikan hal itu. Ia menunggu hasil laboratorium forensik. (fer/ana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com