Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Utang Luar Negeri Swasta Meningkat

Kompas.com - 22/12/2010, 21:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pinjaman luar negeri (PLN) swasta dari kredit induk dan afiliasi pada periode 2007-2010 menunjukkan tren meningkat.

Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A Johansyah di Jakarta, Rabu (22/12/2010), mengatakan, posisi PLN dari perusahaan induk dan afiliasi pada 2007 hanya sebesar 27,2 persen, tetapi per Oktober 2010 telah menjadi 36,5 persen dari total posisi PLN swasta.

Peningkatan tersebut, kata Difi, mengindikasikan bahwa di tengah ketidakseimbangan pemulihan ekonomi global, perusahaan induk masih menaruh kepercayaan kepada anak perusahaan di Indonesia untuk memanfaatkan tingginya permintaan domestik.

Peningkatan pangsa PLN yang berasal dari perusahaan induk dan afiliasi dapat memperkecil magnitud tekanan pembayaran. PLN dari perusahaan induk dan afiliasi relatif lebih fleksibel dan dapat di-roll over apabila dana masih diperlukan untuk pengembangan usaha.

Selain itu, tidak tertutup kemungkinan pembayaran pinjaman tersebut akan dijadwal ulang (rescheduling) apabila pihak debitor mengalami kesulitan likuiditas.

Peranan kreditor induk dan afiliasi terutama terjadi pada PLN swasta non-bank, tecermin dari pangsa yang relatif lebih besar dibandingkan di sektor perbankan.

Pada Oktober 2010, pangsa kreditor induk dan afiliasi terlihat semakin besar mencapai 33,2 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini mengindikasikan bahwa risiko tekanan pembayaran di sektor swasta non-bank semakin menurun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com