Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korupsi Membudaya di Penegak Hukum

Kompas.com - 19/11/2010, 03:10 WIB

Jakarta, Kompas - Kasus suap yang diduga dilakukan Gayus HP Tambunan hingga tiga episode, mulai dari saat dia menangani kasus pajak, saat bebas dari jeratan hukum di Pengadilan Negeri Tangerang, hingga terakhir keluar dari rumah tahanan Markas Komando Brigade Mobil di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, menunjukkan bahwa suap atau korupsi sudah membudaya di kalangan birokrat dan penegak hukum. Reformasi birokrasi yang digulirkan lebih dari 10 tahun terakhir tidak mampu membendung budaya suap itu.

Demikian pokok pikiran yang disampaikan Ketua Forum Rektor Indonesia Chairil Effendy dan Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia Teten Masduki saat dihubungi secara terpisah, Kamis (18/11).

”Gayus bisa melakukan itu karena suap menjadi pemandangan sehari-hari, mentradisi, dan mengakar kuat di birokrat dan aparat penegak hukum. Gayus paham betul hal itu dan memanfaatkannya tanpa ada ketakutan karena semua bisa dia bayar,” kata Teten.

Menurut Chairil, perilaku suap yang diduga dilakukan Gayus hingga tiga episode itu sulit diterima akal sehat. Hal itu terjadi karena situasi di birokrasi dan aparat penegak hukum memungkinkan Gayus melakukan hal tersebut.

”Aparat penegak hukum begitu lemah terhadap kultur sogok-menyogok. Apa yang dilakukan Gayus juga dilakukan yang lain dan dia hanya mencontoh saja,” katanya.

Persoalan karakter penyelenggara negara yang terbentuk karena suap yang mentradisi dan membudaya itu, menurut Chairil, sangat merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Tindakan suap dan korupsi merupakan extra ordinary crime yang sudah sampai pada taraf krisis sehingga perlu perbaikan secara menyeluruh.

Kasus suap di rutan Markas Komando Brimob, menurut Teten, semakin meruntuhkan kepercayaan publik terhadap kredibilitas dan profesionalisme polisi. Untuk mengembalikan kepercayaan publik itu, Kepala Polri harus tegas mencopot, memecat, dan menindak polisi yang nakal. Tidak hanya polisi yang terkait dengan keluarnya Gayus dari rumah tahanan, tetapi juga polisi yang terkait pada kasus Gayus di episode pertama dan kedua. (why)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com