Beda Ala Carte dan Set Menu

Kompas.com - 16/11/2010, 15:23 WIB
EditorDini

KOMPAS.com - Etiket di meja makan tak hanya bicara soal tata krama Anda selama jamuan makan atau cara menggunakan alat makan yang tepat. Table manner juga menyangkut soal pemahaman Anda tentang jenis penyajian makan dan aturan waktunya.

Standar penyajian makan misalnya, terbagi menjadi tiga yakni buffet style, ala carte, dan set menu. Memahami perbedaan penyajian makan ini akan memudahkan Anda menyesuaikan diri dan tetap menjaga etiket saat makan.

Slamet Dwi Santoso, F & B Coordinator yang juga instruktur Table Manner dari Hotel Grand Sahid Jaya, menjelaskan etiket waktu dan penyajian makan dalam Table Manners Class yang diadakan Share Positive Minds beberapa waktu lalu.

Penyajian makan
* Buffet style
Istilah awamnya adalah prasmanan. Etiket makan untuk model penyajian ini cenderung lebih mudah dijalani. Pasalnya, Anda bebas memilih dan mengambil makanan yang tersedia di meja prasmanan. Umumnya, tamu undangan akan makan sambil berdiri. Nah, karena Anda makan berdiri, biasanya penggunaan alat makan juga lebih sederhana. Cukup menggunakan sendok saja sudah beretiket. Justru agak sulit jika Anda menggunakan peralatan makan lengkap, seperti pisau atau garpu jika makan berdiri, kata Dwi.

Etiket makan untuk jamuan prasmanan juga tak kaku. Anda boleh saja memulai makan dengan makanan penutup seperti buah, lalu kembali lagi ke buffet untuk mengambil makanan utama atau appetizer.

"Etiket makan dalam jamuan buffet ini berlaku untuk semua jenis acara, baik dalam resepsi pernikahan, undangan dari klien bisnis, atau jamuan makan bersama teman," lanjut Dwi.

* Ala carte
Karakter utama penyajian ala carte adalah price per dish atau terdapat harga dari setiap satu menu yang di pesan. Karakter lainnya adalah makanan dimasak setelah dipesan dan tidak memerlukan menu komplit. Porsi satu jenis makanan yang Anda pesan cukup besar, jadi tak perlu memesan atau makan lebih dari satu menu.

"Menu dalam penyajian makan ala carte menyebutkan satu jenis makanan beserta harganya. Jadi cukup memesan satu menu saja," papar Dwi.

Penggunaan alat makan juga praktis, karena tak banyak menu yang disajikan. Semakin banyak menu semakin bervariasi alat makan yang disediakan, ini kuncinya, kata Dwi.

* Table D'hote atau set menu
Dwi menjelaskan, penyajian set menu terdiri atas 4-6 menu dan disajikan berurutan dengan jeda. Etiketnya, Anda tak bisa memilih makanan atau hanya memakan apa yang dihidangkan. Yang juga tak kalah penting adalah penggunaan alat makan harus sesuai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.