Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Dikunjungi Obama, Anak-anak Kecewa

Kompas.com - 09/11/2010, 07:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia telah dinantikan sejak lama. Tidak hanya oleh pemerintah Indonesia, tetapi juga anak-anak siswa-siswi SD 01 Menteng yang pernah menjadi sekolah Obama.

Sejak rencana kunjungan beberapa waktu lalu, mereka telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan orang nomor satu di AS tersebut. Sayang, kunjungan tetunda beberapa kali. Nah, giliran jadi berkunjung ke Indonesia, tak ada kepastian apakah Obama akan bertandang. 

Kekecewaan tersebut tampak dari Shadam Sambega Raditya (Adam), murid kelas 2 SDN 01 Menteng. Pasalnya, ia dijanjikan bertemu Obama sebagai juara 2 lomba menulis Dear President Obama yang digagas aktivis pluralisme Damien Dematra.

"Obama katanya mau datang, tetapi enggak jadi-jadi. Ya Obama bohong," ujar Adam saat ditemui wartawan di SDN 01 Menteng, Jakarta, Senin (8/11/2010). Adam mengaku sudah menanti kedatangan Obama di SDN 01 Menteng sejak rencana kedatangannya pertama sekitar Maret 2010. Jika bertemu Obama, Adam mengaku hanya ingin berbincang-bincang dengan orang nomor satu di Amerika Serikat itu.

Early Indriyani, ibu Adam, mengatakan, putranya juga terpilih sebagai wakil kelas yang akan mengenakan pakaian adat dan rencananya dipertemukan dengan Obama. Namun, rencana itu, kata Early, juga gagal.

"Dia sedih banget karena enggak jadi ketemu. Padahal, saya sudah mempersiapkan baju yang paling bagus untuk dia," ujar Early yang menemani putranya. Untuk bertemu Obama, Early mempersiapkan baju tradisional Betawi.

Damien Dematra mengatakan, kunjungan ke SDN 01 Menteng mungkin tidak terlalu penting. Akan tetapi, kunjungan itu bermakna besar bagi murid-murid SD tersebut. "Dia bisa menjadi sumber inspirasi dan kreatifitas anak-anak di sini. Siapa tahu ada juga anak-anak di sini yang jadi presiden? Who knows (siapa yang tahu)," kata Damien  seusai peluncuran novel terbarunya, Dear President Obama, di SDN 01 Menteng.

Secara terpisah, Kepala Sekolah SDN 01 Menteng, Hj Hasimah, belum bisa memastikan apakah Obama bakal mampir ke sekolah yang dipimpinnya dalam kunjungan ke Indonesia dalam waktu dekat ini. Hingga Senin (8/11/2010) siang, Hasimah mengaku belum mendapat pemberitahuan secara resmi.

"Staf Kedubes juga tidak ada yang datang untuk melakukan survei. Dulu, waktu yang batal itu, ada staf Kedubes yang datang ke sini," kata Hasimah di SDN 01 Menteng. (Tribunnews.com/Ismunadi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com