Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polda Kerahkan 4.000 Personel Lantas

Kompas.com - 08/11/2010, 19:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Polisi mengamankan jalur perjalanan kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang akan melakukan kunjungan pada 9-10 November 2010. Pengamanan ini dimaksudkan untuk menjaga kelancaran iring-iringan rombongan Presiden Obama.

"Dari Bandara Halim Perdanakusuma, rombongan langsung menuju ke Istana, dan jalanan akan dikosongkan ketika rombongan lewat," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Royke Lumowa kepada wartawan, Senin (8/11/2010).

Adapun jalur lainnya yang akan dilewati oleh rombongan Barack Obama akan diberlakukan sistem buka tutup. "Nanti dari Istana Negara akan lewat tol keluar Semanggi ke Hotel Shangri-La. Terus malamnya akan ke Istana lagi untuk jamuan makan dan kembali ke Shangri-La lagi," ujar Royke.

Pada hari kedua kunjungan kenegaraan, Obama direncanakan akan berkunjung ke Masjid Istiqlal. "Dari Istiqlal, lanjut ke kampus Universitas Indonesia lewat jalur tol, keluarnya di Lenteng Agung. Sesudah itu mampir ke Taman Makam Pahlawan Kalibata lewat jalur tol lagi, dan kembali lagi lewat Bandara Halim Perdanakusuma," jelasnya.

Royke menambahkan, sistem buka tutup yang dijalankan adalah saat kedatangan Obama. 'Ketika rombongan lewat akan dilakukan buka tutup. Jadi bukan dari jauh-jauh hari, tapi pas kedatangan nanti," ujar Royke.

Untuk pengaturan lalu lintas di lokasi saat kunjungan Obama, Royke mengatakan akan menurunkan 4.000 personel. "Sekitar 4.000 anggota lalu lintas diturunkan," kata Royke.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com