Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir 50 Cm, Kendaraan Pun Tak Berdaya

Kompas.com - 25/10/2010, 21:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kemacetan yang terjadi di berbagai ruas jalan Jakarta seusai hujan deras sejak sore ini diperparah dengan banyaknya pengendara kendaraan bermotor yang menggunakan jalur arteri.

"Kemacetan semakin parah karena pengendara kendaraan bermotor cenderung menggunakan jalur arteri," kata AKB Katon Pinem, Kepala Sub Direktorat Pendidikan dan Rekayasa Ditlantas Polda Metro Jaya, saat dihubungi wartawan, Senin (25/10/2010)

Di jalur arteri, AKB Pinem mencontohkan, Jalan Arjuna yang merupakan jalur arteri padat dilalui pengendara kendaraan bermotor hingga terjadi penumpukan.

Adapun di ruas jalan besar, seperti di depan Citraland Mall, Jakarta Barat, banyak genangan yang membahayakan. "Melewati genangan, kendaraan yang besar bisa lewat seperti mobil jenis Toyota Kijang. Tapi yang kecil, seperti sedan, tidak bisa lewat," ujarnya.

Pengalihan arus lalu lintas, menurut Pinem, tidak akan diberlakukan. "Kalau pengalihan arus diberlakukan, maka hal itu malah akan membuat kemacetan di tempat lain," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condro Kirono mengatakan bahwa kemacetan hari ini dipicu faktor alam dan hujan deras sehingga tidak mampu ditampung drainase.

"Anggota lalu lintas tetap mengatur dengan memotong arus lalu lintas. Tetapi karena banyaknya kendaraan dan hujan deras, kemacetan tetap terjadi," ujarnya.

Seperti diberitakan, hujan deras mengakibatkan banjir di banyak tempat. Genangan di depan Pos Polisi Jalan Gatot Subroto mencapai tinggi 50 sentimeter. Di sana banyak sepeda motor mogok karena nekat menerjang genangan air.

Hal yang sama juga ditemukan di depan Kementerian Tenaga Kerja arah Pancoran.  Ketinggian genangan juga mencapai 50 sentimeter. Hal tersebut mengakibatkan kemacetan parah dari arah Semanggi, Jalan HR Rasuna Said, dan Senopati.

Kemacetan terjadi juga di Jalan Otista dan Jalan Dewi Sartika. Lalu Lintas terpantau padat merayap di dua arah di Gandaria City. Sementara itu, genangan pun terlihat di Jalan Pattimura dan berimbas pada kepadatan arus lalu lintas dari arah Blok M.

Di jalan sekitar Citra Land Mall pun terdapat genangan air 20-25 sentimeter yang juga mengakibatkan kemacetan.

Selain itu, lalu lintas padat tidak bergerak ditemukan di Jalan Ampera. Kemacetan disebabkan genangan air setinggi dengkul orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com