Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Whiz Hotel di Jogja 100 Persen

Kompas.com - 11/10/2010, 15:58 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland)  melalui anak usaha PT Intiwhiz International melakukan peresmian pembukaan atau grand opening Whiz Hotel Yogyakarta hari Minggu, 10 Oktober 2010. Acara grand opening Whiz Hotel Jogja ini menyusul setelah pada bulan Agustus 2010 melakukan soft opening.

Lennard Ho Kian Guan, Presiden Direktur dan Chief Executive Office PT Intiland Development Tbk menjelaskan Whiz Hotel Yogyakarta menjadi kesuksesan awal dalam mengembangkan jaringan hotel baru ini. Intiland selanjutnya akan terus mengembangkan jaringan Whiz Hotels ke sejumlah kota besar di Indonesia.

“Kami optimistik Whiz Hotels sebagai lini bisnis baru Intiland akan berkembang pesat dan menjadi salah satu jaringan hotel terkemuka di masa depan. Kami melihat potensi bisnis perhotelan di Indonesia memiliki ceruk usaha yang sangat prospektif, seiring meningkatnya perekonomian masyarakat dan keperluan bisnis,” ujarnya lebih lanjut.

Whiz Hotel Yogyakarta merupakan hotel pertama dari jaringan Whiz Hotels yang dikembangkan perseroan. Hotel ini dibangun di lokasi yang sangat strategis, yakni di Jalan Dagen, Malioboro, Yogyakarta. Hotel yang berdiri di jantung kota Yogyakarta ini terdiri dari enam lantai dan menyediakan 103 kamar yang terbagi menjadi dua tipe yakni single dan standard room.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer PT Intiwhiz International Moedjianto Soesilo Tjahjono mengungkapkan sejak awal Agustus 2010 jumlah tamu yang menginap di Whiz Hotel Yogyakarta melampaui perkiraan awal.

“Khusus untuk musim lebaran lalu, yakni seminggu sebelum dan sesudah lebaran tingkat okupansinya mencapai 100 persen. Mayoritas masih merupakan tamu lokal sebanyak 85 persen dan sisanya adalah tamu asing,” ujar Moedjianto.

Di saat lembaran, lanjutnya, Jogja merupakan kota tujuan dan persinggahan utama bagi para pemudik di Pulau Jawa. Tren tersebut menyebabkan tingkat kebutuhan masyarakat terhadap fasilitas penginapan, khususnya hotel yang bersih, aman, dan lokasinya strategis sangatlah besar.

“Kami saat ini berusaha untuk memperbesar pasar dari perusahaan melalui kerja sama-kerja sama strategis. Potensi pasar dari perusahaan di Indonesia sangat besar, mengingat mobilitas bisnis yang cukup tinggi dan demografi wilayah Indonesia yang berpulau-pulau. Itu semua merupakan potensi pasar yang sangat  menjanjikan bagi Whiz Hotels maupun hotel bisnis lainnya,” kata Moedjianto.

Whiz Hotel Yogyakarta selama dua bulan beroperasi mendapat tanggapan sangat positif dari para tamu. Mereka rata-rata menyukai desain dan fasilitas yang ada disediakan hotel ini. Baik itu mengenai desain kamar, tingkat kebersihan, lokasi, hingga fasilitas penunjang yang tersedia.

“Para tamu rata-rata memberikan penilaian positif dan menyukai desain ruang kamar yang terkesan modern dan nyaman. Mereka juga senang karena lokasi hotel ini berada di kawasan Malioboro yang menjadi salah satu tujuan wisata utama Jogja,” kata Moedjianto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com