Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Lengang, Stres Pun Hilang

Kompas.com - 13/09/2010, 12:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com Suasana lengang selama libur Lebaran rupanya menjadi kenikmatan tersendiri bagi warga Ibu Kota yang tidak mudik. Mereka mengaku, selama Jakarta lengang seperti saat ini, bepergian ke mana pun jadi tidak stres.

Ecy (33), karyawan sebuah perusahaan mobile content, misalnya, mengaku menikmati bepergian di Jakarta selama libur Lebaran karena praktis tidak menemukan kemacetan. Dengan begitu, ia bisa sejenak mengistirahatkan pikiran.

"Kalau sekarang enak, sepi. Jadi enggak stres. Kapan ya Jakarta bisa terus kaya gini," ujarnya, Senin (13/9/2010) di Jakarta.

Ia mengaku, waktu tempuh dari rumahnya di bilangan Lenteng Agung ke kantornya di wilayah Kemang pada hari biasa bisa mencapai 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan umum. Selama libur Lebaran ini, ia hanya butuh waktu 30 menit.

Selain Ecy, lengangnya Ibu Kota juga dinikmati pengendara mobil sekaligus staf salah satu klub sepak bola di Jakarta, Viola (24). "Dari rumah di Taman Anggrek ke Kuningan yang biasanya bisa sampai 2 jam kalau macet, ini hanya 20 menit. Enak banget, sepi," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, hingga H+2, kondisi sejumlah jalan raya di wilayah Jakarta yang biasanya menjadi titik kemacetan kini tampak lengang. Hal itu seperti di Cawang UKI, Pasar Rebo, dan Semanggi. Sementara itu, waktu tempuh dari Depok ke Semanggi, yang biasanya dua jam saat jam macet, kini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Pada jam berangkat kantor tadi pagi, perjalanan dari Bintara ke Slipi juga tak sampai satu jam. Padahal, pada hari biasa waktu yang dibutuhkan minimal 1,5 jam, bahkan bisa dua jam lebih kalau macet. Adapun kondisi lalu lintas di Lapangan Ros hingga Mega Kuningan, yang biasanya selalu merayap, pagi tadi juga sangat lancar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com