Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dicari, Pemain untuk "Bumi Manusia"

Kompas.com - 10/09/2010, 17:59 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com -- Novel Bumi Manusia karya mendiang sastrawan Pramoedya Ananta Toer akan diangkat ke layar lebar. Meski ditargetkan proses produksi akan dikerjakan pada pertengahan tahun depan, namun sejumlah persiapan pun kini telah dilakukan. Salah satunya, mencari pemain yang akan dilibatkan dalam film tersebut. 
"Sekarang sudah mulai untuk mencari para pemain. Butuh usaha keras karena kita memang butuh aktor dan aktris yang benar-benar bagus," ujar produser Mira Lesmana kepada Kompas.com, di Jakarta.
Menurut Mira, sejumlah nama besar pun kini tengah didekati. Namun, mereka tetap harus ikut casting. Mengenai nama-nama itu, Mira belum bisa membeberkannya. "Belum pasti, tapi ada lah yang sudah ditawari dan kita masih terus mencari," katanya.
Setelah para pemain terpilih nantinya, lanjut istri aktor Mathias Muchus, ini para pemain akan dikarantina untuk belajar bahasa Belanda. "Para pemain harus bisa ngomong dalam bahasa Belanda. Shootingnya kita jadwalkan pada pertengahan tahun mendatang," bebernya.
Bumi Manusia merupakan buku pertama dari Tetralogi Buru karya Pram. Buku ini ditulis saat ia masih mendekam di Pulau Buru karena dituding sebagai orang PKI.  Pada masa Orde Baru, buku ini sempat dilarang.
Sutradara Riri Riza dipastikan menjadi nahkoda untuk penggarapan film ini. "Saat ini kita masih konsentrasi dulu untuk pertunjukan Drama Musikal Laskar Pelangi, setelah itu baru akan fokus untuk proyek ini," kata Mira.
Mengenai lokasi shooting, Mira mengatakan lokasi yang pas untuk menggambarkan suasana tahun 1898 hingga 1918 seperti dalam buku itu adalah Jawa Timur. "Lokasi yang paling memungkinkan adalah di wilayah Jawa Timur," jelas Mira, yang memperkirakan bujet untuk film ini akan menghabiskan anggaran lebih dari Rp 10 miliar.      
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com