Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sore SBY ke Kabanjahe, Malam Bergetar

Kompas.com - 07/09/2010, 02:52 WIB

MEDAN, KOMPAS.com - Wilayah sekitar Gunung Sinabung di Kabanjahe, Tanah Karo, Sumatera Utara baru saja dikunjungi rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Senin (6/9/2010) sore tadi.

Rombongan SBY tepatnya berkunjung ke Kabanjahe, ibukota Kabupaten Tanah Karo yang berjarak sekitar 12,5 Km dari Gunung Sinabung.

Mereka berada di sana mulai pukul 12.30 hingga 16.30. Dipandu Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, rombongan SBY memantau puncak Sinabung dengan teleskop.

Selanjutnya, SBY meninggalkan lokasi untuk menginap semalam di Medan, sebelum kembali ke Jakarta. Tak dinyana, malam harinya, Selasa (7/9/2010) sekitar pukul 00.40, Gunung Sinabung meletus keempat kalinya.

Letusan kali ini dilaporkan lebih dahsyat. Selain mengeluarkan debu vulkanik, letusan itu juga disusul dengan gempa dan suara gemuruh yang keras. Letusan debu vulkanik mengarah ke arah depan gunung, tepatnya ke Desa Beras Tepu.

Debu yang keluar kali ini lebih tebal dari letusan sebelumnya. Getaran gempa bahkan dirasakan sampai Berastagi sejauh 13 Km dari puncak Sinabung, dan dari Kabanjahe yang dikunjungi SBY sore sebelumnya.

Suasana di sekitar Gunung Sinabung saat ini sangat mencekam karena disertai hujan deras. Namun, SBY sudah berada di zona sangat aman di Medan yang berjarak sekitar 56,3 Km. (Dedy Sinuhaji dan Danang Setiaji)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com