Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Investor Malaysia Tak Bakal Hengkang

Kompas.com - 03/09/2010, 13:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menilai investor Malaysia tak akan menarik modalnya dari Indonesia setelah hubungan kedua negara memanas pascapenangkapan tiga pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebab, Apindo menilai investor negeri jiran itu justru ingin mencari untung di Indonesia.

Ketua Apindo Sofjan Wanandi bilang, banyak investor Malaysia yang bergantung dengan rakyat Indonesia. "Jadi enggak perlu ada yang ditakutkan kehilangan investor Malaysia karena dia juga perlu kita," katanya, Jumat (3/9/2010).

Malaysia merupakan investor kelima terbesar di Indonesia sepanjang 2005-2009 dengan nilai investasi 1,2 miliar dollar AS pada 285 proyek. Investasi negara tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai investasi Indonesia di Malaysia yang cuma mencapai 534 juta dollar AS.

Ekonom IPB Imam Sugema sepakat dengan Sofjan. Dia menilai Malaysia akan rugi bila memutuskan hubungan kerja dengan Indonesia. Sebab, dia mengatakan, investor Malaysia tak bisa mengambil kembali investasi yang sudah tertanam di Indonesia. Investasi Malaysia lumayan besar di Indonesia. Terus kalau benar kita gontok-gontokan, uang yang sudah tertanam, mau bagaimana?" katanya. (Irma Yani/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com