Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda Yakin Ada Provokator

Kompas.com - 01/09/2010, 08:41 WIB

PALU, KOMPAS.com — Kapolda Sulawesi Tengah Brigjen (Pol) Muhammad Amin Saleh meyakini ada provokator di balik penyerangan ribuan warga ke Markas Polsek Biau, Kabupaten Buol, hingga mengakibatkan sedikitnya dua warga tewas tertembak.

"Saya duga ada orang yang memperkeruh suasana dalam kerusuhan itu," katanya kepada wartawan di Palu, Rabu (1/9/2010) dini hari.

Karena, menurut dia, sebelum terjadi kerusuhan, situasi di Buol aman dan kondusif. Jadi insiden itu tidak disangka-sangka akan muncul. Apalagi, katanya, kematian Kasmir Timumun, seorang tukang ojek di tahanan Polsek Biau pada hari Senin (30/8/2010) tidak dipermasalahkan oleh pihak keluarganya.

Bahkan pihak keluarga langsung berkoordinasi dengan Kapolres Buol AKBP Amin Litarso dan menyatakan bahwa masalah itu adalah musibah dan pada saat itu juga situasi normal dan tidak terjadi apa-apa. "Namun tidak disangka-sangka, setelah kita salat tarawih tadi (Selasa malam—Red) kok tiba-tiba ada penyerangan Mapolsek di Buol," kata dia.

Akibat penyerangan itu, lanjut Kapolda Amin Saleh, terjadi kerusakan dan korban jiwa serta luka-luka.

Dia menuturkan, jika nanti terjadi penyimpangan oleh oknum anggotanya, maka itu tentunya ada prosedur yang harus dilakukannya sebagai pengendali keamanan di Sulteng. "Jelas kita akan tindak tegas jika terjadi penyimpangan yang dilakukan anggota dalam insiden itu," tutur orang pertama di Polda Sulteng itu.    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com