Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumbar Kembangkan Energi Panas Bumi

Kompas.com - 27/08/2010, 20:27 WIB

PADANG, KOMPAS.com - Sumatera Barat akan mengembangkan potensi energi panas bumi (geothermal) yang tersebar di sejumlah wilayah kabupaten/kota untuk memenuhi kebutuhan listrik. Tidak kurang 16 titik dengan potensi energi listrik panas bumi (geothermal) yang berada di Provinsi Sumatera Barat menjadi sumber energi hijau yang sangat menjanjikan.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumatra Barat, Marzuki Mahdi, Jumat (27/8/2010) mengatakan dari 16 lokasi itu, tiga di antaranya sudah siap untuk dieksplorasi.

Kepala Bidang Ketenagalistrikan dan Migas Dinas ESDM Sumbar Herry Amir menambahkan, saat ini satu lokasi wilayah kerja pertambangan (WKP) panas bumi yang berada di Liki Pinang Awan, Kecamatan Muara Labuh, Kabupaten Solok Selatan sudah selesai tendernya dan siap dieksploitasi.

Herry mengatakan, pemenang tender itu adalah PT Supreme Energy yang akan mengupayakan pemanfaatan potensi energi hingga 480 megawatt di lokasi tersebut. Akan tetapi, pihak perusahaan baru akan mencoba sebesar 2x100 megawatt. Akan terlibat lima negara dalam proyek tersebut, yaitu Swedia, Belgia, Jepang, Jerman, dan Indonesia.

Adapun dua titik lain, di Gunung Talang, Kabupaten Solok dan Bukit Kili, Kota Solok masih akan ditenderkan proyek pembangunannya. Sementara 13 titik lain yang tersebar di Kabupaten Pasaman, Pasaman Barat, Solok, dan Limapuluh Kota yang menyimpan energi potensial 1.200 megawatt masih dalam proses survei geologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com