Jumlah Penduduk Jatim Tak Jelas?

Kompas.com - 02/08/2010, 11:48 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

SURABAYA, KOMPAS.com - Dalam penyampaian Pendapat Akhir Sidang Paripurna DPRD Jatim, Senin (2/8/2010), Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mempertanyakan tentang kepastian jumlah penduduk Jawa Timur. Perhitungan angka jumlah penduduk yang disampaikan eksekutif dalam laporan mereka berbeda dengan hasil sensus penduduk Badan Pusat Statistik Jawa Timur.

Juru bicara Fraksi PDIP Moch Sochib mengatakan, dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban hingga Laporan Pertanggungjawaban Pemprov Jatim disebutkan, angka kemiskinan Jawa Timur berkisar 9 juta atau sekitar 16,69 persen. Artinya, persentase itu mengasumsikan jumlah penduduk Jatim sebanyak 54 juta jiwa.

Padahal, hasil sensus penduduk Jatim yang dilakukan BPS Jatim menunjukkan jumlah penduduk Jatim hanya 39 juta jiwa. "Sejak penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) hingga laporan pertanggungjawaban (LPJ), Pemprov Jatim tidak menjawab pertanyaan kami (seputar perbedaan angka), bahkan terkesan mengabaikan sama sekali," kata Sochib.

Menurut Sochib, berdasarkan data BPS Jatim dengan sensus terbaru serta nilai Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) tahun 2009 sebesar Rp 619 triliun, maka jumlah penduduk Jatim mendekati angka 39 juta jiwa.

"Kami Fraksi PDIP minta jawaban tegas dari gubernur tentang kepastian jumlah penduduk Jatim, apakah 54 juta jiwa atau 39 juta jiwa. Perbedaan ini tak bisa dispelekan karena menyangkut konsekuensi-konsekuensi strategis aspek hukum, politik, sosial, hingga APBD dan APBN," tambahnya.

Selain itu, menutut Sochib, jumlah penduduk Jatim secara korelatif juga berpengaruh pada jumlah jatah kursi di DPR RI dan DPRD dari 11 daerah pemilihan di Jatim. Jika mengacu pada data BPS Jatim sebanyak 39 juta jiwa, maka jumlah penduduk miskin Jatim mencapai kisaran lebih dari 23 persen. "Tak perlu malu-malu mengakui tingginya persentase penduduk miskin di Jatim karena itulah tanggungjawab kita semua," tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.