Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SMI: Saya Baik-baik Saja di Washington

Kompas.com - 08/07/2010, 14:23 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com Menjadi pejabat tinggi di Bank Dunia dan harus pindah dari Jakarta ke Washington DC, Amerika Serikat, tidak membuat Sri Mulyani Indrawati melupakan pagelaran budaya Indonesia. Sri Mulyani hadir dalam Malam Kebudayaan Indonesia di Washington yang diberi tajuk Remarkable Indonesia.

"Saya baik-baik saja di Washington," ujarnya singkat saat wartawan menanyakan kondisi Mantan Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu Jilid I dan II ini di Washington, Amerika Serikat, Rabu (8/7/2010).

Mengenakan setelan bernuansa tenun yang didominasi warna merah, Sri Mulyani menjadi pusat perhatian tamu undangan asal Indonesia yang menetap di Amerika Serikat dan warga negara Amerika Serikat sendiri. Meski acara pagelaran budaya ini sudah usai, banyak tamu yang memintanya untuk berfoto.

Meski ingin segera meninggalkan ballroom karena mengaku pulang dengan menumpang mobil kerabat dekat, Sri Mulyani masih sempat berbincang singkat dengan beberapa wartawan. Namun, jika ditanya tentang masalah serius, seperti perekonomian, Sri Mulyani hanya menjawab pendek. "Maaf ya, saya belum bisa berkomentar. Kan saya masih dalam masa transisi," ujarnya.

Setelah terpilih kembali menjadi Menteri Keuangan pada Kabinet Indonesia Bersatu Jilid Dua, secara mengejutkan Sri Mulyani dinyatakan diterima di Bank Dunia, untuk jabatan yang tinggi, yakni Direktur Pelaksana. Sri Mulyani mulai meninggalkan Jakarta dan pindah ke Washington pada akhir Mei 2010, dan mulai memasuki masa pengayaan selama sebulan di Bank Dunia, dan secara penuh menempati jabatan Direktur Pelaksana Bank Dunia per 1 Juli 2010.

Saat meninggalkan tempat acara, Sri Mulyani tidak lupa menjinjing angklung yang sengaja dibagikan penyelanggara. Angklung ini merupakan bagian dari penampilan musik tradisional Angklung Alternatif dari Daeng Udjo asal Bandung, Jawa Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com