Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei 2010: Produksi Toyota, Honda dan Nissan Naik

Kompas.com - 29/06/2010, 18:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com-Trio produsen mobil terbesar asal Jepang, Toyota, Honda dan Nissan, produksi globalnya pada Mei lalu, mengalami kenaikkan yang cukup tinggi. Penyebabnya, permintaan regional Asia dan Amerika Serikat (AS) yang memperlihatkan tanda-tanda pulih.

Toyota, produksinya mencapai 568.004 unit, atau naik 28 persen dibanding periode yang sama pada 2009. Performa ekspor dari Jepang juga menguat 15 persen menjadi 115.280 unit.

Perbaikan situasi ekonomi di AS dan Jepang membuat pasar otomotif dunia semakin bergairah. Tahun lalu, saat krisis eknomi global berkecamuk, produsen mobil memperlambat produksi. Penjualan mobil yang sangat tinggi hanya terjadi di China. mencapai 885.800 unit pada bulan lalu atau naik 26 persen.

"Pasar di Amerika Utara akan terus membaik pada semester kedua tahun ini. Sedangkan pasar berkembang seperti India, China dan Brasil makin menguat. Namun, untuk kembali pulih total diperlukan waktu dua hingga tiga tahun ke depan," papar Satoru Takada, Analis TIW Inc, di Tokyo, Jepang, seperti dilansir Bloomberg.

Honda mengalami lonjakkan produksi sampai 43 persen menjadi 278.543 unit. Sementara, Nissan menyatakan, penjualan kendaraan komersil (truk ringan) melesat 42 persen menjadi 309.287 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com