Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sultan Kasepuhan XIV Dilantik Hari Ini

Kompas.com - 09/06/2010, 17:37 WIB

Cirebon, Kompas - Sultan Kasepuhan XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat menjalani prosesi jumenengan, Rabu (9/6) ini, menggantikan kedudukan Sultan Kasepuhan XIII Maulana Pakuningrat yang wafat 40 hari lalu. Prosesi jumenengan digelar secara sederhana tanpa kirab.

Jumenengan yang merupakan prosesi pengesahan putra mahkota menjadi sultan Kasepuhan terakhir dilakukan pada 41 tahun silam. Saat itu Pangeran Raja Adipati Maulana Pakuningrat menggantikan ayahnya, Sultan Sepuh XII, yang wafat.

Menurut Ratu Gumiwang Kencana Ningrat, adik Sultan XIV, jumenengan diawali selawatan pada Selasa malam, disambung dengan khitanan massal 14 anak, pelepasan burung 14 ekor, dan penanaman 14 pohon langka pada hari ini. Angka 14 mewakili jumlah sultan yang memerintah Keraton Kasepuhan.

Simbol

Puncaknya, penyerahan Keris Sunan Gunung Jati, keris milik Raja Cirebon pertama. Penyerahan keris ini menjadi simbol penyerahan tampuk kepemimpinan sultan di Keraton Kasepuhan.

Jumenengan akan dihadiri raja-raja dari keraton se-Nusantara. Seusai jumenengan, raja se-Nusantara berkumpul membahas persoalan keraton, seperti festival, pendirian museum, dan hubungan kekerabatan. "Semua akan kami bicarakan bersama," ujar Arief.

Menurut Arief, jumenengan dilakukan tanpa kirab. Ia juga tidak akan memakai baju kebesaran sultan dan hanya memakai baju adat keraton biasa dalam rangka menghormati 40 hari wafatnya Sultan Sepuh XIII. (NIT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com