Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Besok, Fauzi Bowo Buka Cipete Vaganza

Kompas.com - 04/06/2010, 19:19 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Cipete atau yang dikenal dengan Cipete Vaganza akan dibuka esok hari, Sabtu (5/6/2010), di Taman Gajah Jalan Cipete Raya. Pembukaan festival budaya Betawi ini akan dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo. Demikian yang disampaikan Sekretaris Cipete Vaganza, Aryo Nurtyas.

"Festival akan dibuka jam delapan pagi oleh Pak Gubernur di Taman Gajah," katanya, Jumat (4/6/2010), di Jakarta.

Aryo mengungkapkan festival yang diselenggarakan untuk dua kalinya ini tetap akan menyajikan kebudayaan Betawi yang dikemas secara tradisional selama dua hari mulai Sabu-Minggu, pukul 08.00-23.00 WIB. "Di panggung nantinya akan ada kebudayaan Betawi seperti Gambang Kromong dan pencak silat," ujarnya kepada Kompas.com.

Selain itu, acara yang dibuat secara swadaya oleh masyarakat Cipete ini juga ditujukan untuk menyambut ulang tahun Jakarta yang jatuh pada tanggal 22 Juni. "Panitia juga mengimbau agar para penjaga stan untuk mengenakan pakaian khas Betawi agar nuansa etnik Betawinya lebih terasa," Aryo menjelaskan.

Selain penampilan dari para seniman Betawi dalam bentuk musik, tarian, dan bela diri khas Betawi, Cipete Vaganza juga akan dimeriahkan dengan berbagai makanan khas betawi. Contohnya, kue talam, kue pepe, kue goyang, kue selendang, kue cincin, dan kue cucur.

"Semua itu akan disajikan pada 350 stand yang akan meramaikan acara ini. Selain menjual pernak-pernik Betawi, stand juga akan menjual barang-barang lain," ungkap warga asli Betawi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com