Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Maluku 'Tutup Mulut'

Kompas.com - 19/05/2010, 10:25 WIB

MALUKU, KOMPAS.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Maluku masih ’tutup mulut’ soal kandidat Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) yang dijagokan pada Kongres II di Bandung, Jawa Barat, 21 Mei 2010.

Ketua DPD Partai Demokrat Maluku Roy Pattiasina ketika dihubungi saat berada di Dobo, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru, Rabu (19/5/2010), tidak memberi keterangan.

"Saya lagi pimpin rapat jadi sebentar setelah selesai siap menelpon untuk memberikan pernyataan," ujarnya singkat lewat telpon genggam.

Sedangkan Sekretaris DPD Partai Demokrat Mohammad Resmitella juga mengelak.

"Saya lagi rapat. Selesai rapat saya telpon ya," katanya menjanjikan.

Sayangnya janji dua pimpinan Partai Demokrat Maluku tersebut tidak direalisasi.

Sejumlah fungsionaris Partai Demokrat Maluku yang enggan disebut identitasnya menyatakan, pimpinan mereka memilih "bungkam" karena Roy Pattiasina sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Pilkada Kepulauan Aru periode 2010 - 2015, 7 Juli 2010 namun tidak direkomendasikan DPP Partai Demokrat.

DPP Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada Teddy Tengko yang mengikuti Pilkada Kepulauan Aru untuk periode kedua, sedangkan Pattiasina direkomendasikan PPI dan Partai Patriot.

Sejumlah fungsionaris Partai Demokrat Maluku juga mengakui belum ada keputusan siapa yang akan diusung menjadi Ketua Umum DPP periode lima tahun ke depan.

"Yang hadir di Jakarta itu atas undangan orang per orang dari kubu kandidat ketua umum yakni Andi Mallarangeng, Anas Urbaningrum, dan Marzuki Alie," ujar salah seorang pengurus Partai Demokrat Maluku.

Kongres II Partai Demokrat dijadwalkan dibuka Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Hotel Mason Pine, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (21/5/2010).

Kongres ini akan dihadiri sekitar 1.200 peserta yang berasal dari 497 wakil dewan pimpinan cabang (DPC), dewan pimpinan daerah (DPD) dari 33 provinsi, serta dewan pimpinan pusat (DPP).

Kongres juga akan diramaikan sekitar 9.000 simpatisan terutama dari pulau Jawa.

Dipilihnya Bandung sebagai lokasi penyelenggaraan Kongres II Partai Demokrat untuk memberikan penghargaan kepada DPD Jawa Barat yang mampu mengumpulkan suara terbanyak pada Pemilihan Presiden tahun 2009 dibandingkan DPD lainnya di seluruh Indonesia.

Pertimbangan lainnya karena Bandung berada di Pulau Jawa dan dekat dengan Jakarta sehingga lebih mudah dan efisien melakukan koordinasi dengan DPP Partai Demokrat di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com