Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Sudah Dilirik sejak 2009

Kompas.com - 05/05/2010, 13:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Proses pencarian kandidat direktur operasional Bank Dunia ternyata sudah lama berlangsung. Sri Mulyani saja sudah mulai dilirik sejak akhir 2009. Hal ini disampaikan oleh Irjen Kementerian Keuangan Hekinus Manao di lobi Kantor Kementerian, Rabu (5/5/2010).

Sementara itu, Hekinus mengaku tidak mengetahui persis waktu diterimanya surat penunjukan atau penawaran dari Presiden Bank Dunia Robert Zoellick kepada Sri Mulyani. Namun, proses sudah berlangsung sejak lama.

"Prosesnya sudah dari beberapa bulan lalu. Ya ada proses dari suatu komite yang searching di beberapa negara," ungkapnya.

Hekinus mengatakan, Sri Mulyani akhirnya masuk ke daftar kandidat sesaat setelah proses pencarian itu. Sri Mulyani pun kemudian masuk ke dalam kategori daftar papan atas. Meski akan menimbulkan rasa kehilangan bagi jajaran Kementerian, Hekinus menyatakan bahwa posisi baru itu tentu strategis bagi Indonesia secara umum.

"Paling tidak komunikasi kita dengan pihak dunia lebih mudah. Kita juga kan banyak hal-hal kerja sama dengan lembaga-lembaga internasional. Selain itu, ada prestise juga bagi seorang Indonesia (bisa berada) di posisi tersebut," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com