Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemakaman Sultan Sepuh Hari Ini

Kompas.com - 01/05/2010, 09:06 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Pemakaman Sultan Kasepuhan XIII Maulana Pakuningrat direncanakan pukul 10.00 Sabtu (1/5/2010) pagi ini. Beliau akan dikebumikan di kompleks makam Sunan Gunungjati di Kabupaten Cirebon berdampingan dengan ayahnya Sultan Radja Radjaningrat, Sultan Kasepuhan XII.

Rencananya jenazah Sultan akan diarak dari Keraton Kasepuhan menuju Makam Gunung Jati yang berjarak sekitar 6 km. Prosesi pemakaman ini akan melibatkan seluruh keluarga besar keraton Kasepuhan dan seluruh kelompok baladika atau prajurit tangguh diantaranya para Menteri Panewu, Para Adipati dan Senopati, Manggala Yudha, Pengageng, prajurit Wira Raja atau pengawal raja, dan Prajurit Jagabaya atau polisi negara, Prajurit Jalasutra atau pasukan wanita, Pasukan Sarwajala dan Pasukan Suranenggala atau penggempur kirab. Jumlah kirab diperkirakan mencapai ribuan orang.

Menurut PRA Arief Natadiningrat, calon Sultan Kasepuhan XIV, Sultan Maulana Pakuningrat bertahta sejak tahun 1969 menggantikan Sultan Radja Radjadiningrat yang wafat. Dalam silsilah kerajaan Cirebon, Sultan Sepuh merupakan keturunan Sunan Gunung Jati arau Syarief Hidayatullah ke 18, dan merupakan Raja di Keraton Kasepuhan ke XIII. Semasa hidup, Sultan Sepuh dikenal sebagai sosok yang netral dan terbuka terhadap seluruh lapisan masyarakat. Terakhir kali ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap rencana penjualan barang kuno yang ditemukan di pesisir laut jawa, kata Arief Natadiningrat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com