Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Bekas Kebakaran Kampung Krendang Bakal Ditata Ulang?

Kompas.com - 19/03/2010, 17:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana menata kembali lokasi bekas kebakaran di Kampung Krendang, Tambora, Jakarta Barat. Diharapkan, penataan ini akan membuat kawasan padat penduduk ini menjadi lebih sehat. 

"Kewajiban kita agar pembangunan kembali pemukiman ini lebih tertata dan lebih sehat. Nanti akan ditata ulang," kata Lurah Kampung Krendang, Bir Ali kepada Kompas.com, Jakarta, Jumat (19/3/2010). 

Namun, Bir mengakui, upaya penataan kembali ini masih sekedar wacana. Menurutnya, dibutuhkan kerjasama dengan pihak terkait, seperti Suku Dinas Tata Ruang Jakarta Barat ataupun Kementrian Pekerjaan Umum untuk membahas masalah ini. Selain itu, dia menambahkan, para warga juga perlu dilibatkan dalam pembahasan rencana penataan ini. 

"Kalau kami sih anggarannya untuk bantuan atas pembangunan kembali rumah warga enggak ada. Tapi tadi Pak Wali (Wali Kota Jakarta Barat M Djoko Ramadhan) ke sini. Nanti akan dibicarakan dengan pihak terkait untuk penataan kembali," tuturnya.

 Menurut Bir, kawasan Tambora memang terbilang sering dilanda kebakaran. Penyebabnya, karena kurang disiplinnya masyarakat dalam memasang saluran listrik. Sebagian besar warga di daerah ini menggunakan kabel listrik yang kurang memenuhi standar.

Di samping itu, padatnya pemukiman penduduk di daerah ini juga menjadi pemicu penyebab kebakaran. "Kabelnya tidak sesuai standar. Kadang satu colokan itu dipakai lima bahkan enam, jadi tenaganya besar. Disini juga daerah industri jadi rawan," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com