Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara Bin Laden: Al Qaeda Bertanggung Jawab atas Serangan Detroit

Kompas.com - 25/01/2010, 13:15 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Osama bin Laden, pemimpin jaringan teroris Al Qaeda, mengeluarkan rekaman suara baru yang menyatakan bertanggung jawab atas percobaan peledakan pesawat pada hari Natal lalu di Detroit, AS.

Tersangka dalam upaya peledakan pesawat Northwest Airlines itu, Umar Farouk Abdulmutallab, adalah seorang warga negara Nigeria yang kuliah di Inggris. Farouk yang kini ditahan Pemerintah AS mengaku, ia telah mendapat pelatihan dari jaringan Al Qaeda di Yaman.

Dalam rekaman terbaru itu, disiarkan televisi Al Jazeera yang berbasis di Qatar dan dikutip Telegrap, Senin (25/1/2010), orang yang mengaku Bin Laden mengatakan, "Pesan yang dikirimkan kepada Anda dengan percobaan oleh seorang pahlawan Nigeria, Umar Farouk Abdulmutallab, adalah sebuah penegasan terhadap pesan kami sebelumnya yang disampaikan oleh pahlawan-pahlawan pada serangan 11 September."

Dalam rekaman itu Bin Laden mengatakan, pesan itu berasal dari Osama untuk Obama. "Jika memungkin untuk mengirim pesan kepada Anda dengan kata-kata, kami tidak akan mengirimkan mereka kepada Anda dengan pesawat," bunyi rekaman tersebut.

Rekaman terbaru itu muncul setelah para petinggi intelijen Inggris menaikkan tingkat ancaman teroris terhadap negara itu. Informasi-informasi intelijen menyatakan, Al Qaeda  berencana melancarkan gelombang serangan baru terhadap Barat, termasuk sebuah rencana pembajakan terhadap pesawat penumpang India yang akan ditabrakkan ke sebuah kota di Inggris.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com