Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Ketangguhan Panser Anoa

Kompas.com - 15/01/2010, 18:04 WIB

KOMPAS.com — Hati agak berdegup kencang ketika panser angkutan personel sedang (APS) 6 x 6 buatan PT Pindad menaiki tanjakan yang cukup curam. Kemiringan jalur sekitar 30 derajat itu cukup membuat waswas karena takut panser terguling.

Akan tetapi, ketangguhan panser yang dinamakan Anoa itu terbukti mampu menaklukkan tanjakan tersebut. Jumat (15/1/2010), beberapa pegawai PT Pindad melakukan uji coba panser. Kendaraan dengan kecepatan maksimal 90 kilometer per jam itu dijalankan di jalan datar dan mendaki.

Saat melihat panser diuji mundur di tanjakan, sempat kembali tebersit kecemasan andaikata remnya tak akan mampu menahan beban panser sehingga terseret. Maklum kendaraan dengan bodi tahan peluru yang terlihat kokoh itu memiliki bobot hingga 14 ton.

Namun, kecemasan itu seketika sirna ketika panser dengan mulus menyusur mundur melintasi tanjakan perlahan-lahan. Sungai atau parit berair dengan kedalaman hampir satu meter pun tak menjadi soal bagi Si Anoa. Tak heran jika panser tersebut menjadi andalan prajurit TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian di Lebanon. Bahkan, Malaysia kini juga tertarik untuk memesannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com