Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Alasan "Bail Out" Century Menurut Boediono

Kompas.com - 22/12/2009, 11:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini Selasa (22/12) Wakil Presiden Boediono menghadiri panggilan Panitia Khusus (Pansus) DPR untuk Bank Century dalam kapasitasnya sebagai Mantan Gubernur Bank Indonesia. Boediono akan menjelaskan latar belakang pengambilan keputusan untuk membailot Bank Century.

Boediono telah datang di DPR sekitar pukul 10.00 WIB. Rapat tersebut di pimpin langsung oleh Ketua Pansus Bank Century Idrus Marham.

Saat menanggapi pertanyaan dari Anggota DPR dari Partai Gerindra Ahmad Muzani, Boediono menjelaskan, ada empat alasan mengapa kondisi saat itu perbankan memerlukan penanganan khusus. Pertama, arus modal asing modal keluar dengan cepat sehingga kurs rupiah terhadap dollar Amerika Serikat melonjak-lonjak. Kedua, likuiditas di industri perbankan nasional mengering. Ketiga, Pasar Uang Antar Bank macet dan keempat berbagai rumor beredar di pasar keuangan dan luar biasa.

"Kondisi ini mirip dengan situasi krisis ekonomi 1997," kata Boediono.  (Andri Indradie, Lamgiat Siringoringo, Syamsul Ashar/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com