Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom "Kick Off" Proyek Palapa Ring 30 November 2009

Kompas.com - 11/11/2009, 15:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memastikan pencanangan pembangunan fisik proyek kabel serat optik Palapa Ring tahap I akan dilakukan pada 30 November 2009. Sebelumnya kick off proyek tertunda dua kali.

Terakhir direncanakan pada 12 Oktober lalu, tetapi mundur karena Telkom belum menentukan vendor pengerjaan proyek tersebut. Sekretaris Jenderal Departemen Komunikasi dan Informatika (Sekjen Depkominfo) Basuki Yusuf Iskandar menyatakan, Telkom sudah menyampaikan pemberitahuan resmi kepada pemerintah atas rencana tersebut.

"Insya Allah pada tanggal itu akan dilakukan teleconference antara Presiden dengan masyarakat di Indonesia bagian timur yang menjadi fokus pekerjaan proyek tersebut," kata Basuki, Rabu (11/11).

Namun, Basuki mengaku tidak mendapatkan informasi dari BUMN telekomunikasi tersebut siapa vendor yang akan menyediakan dan mengerjakan pemasangan kabel serat optik di wilayah Palapa Ring tahap I.

Seperti diketahui sebelumnya, Telkom harus menanamkan investasi sebesar 75 juta dollar AS untuk mengerjakan proyek Palapa Ring tahap I. Dana sebesar itu untuk menyediakan dan memasang serat optik untuk tahap awal sepanjang 1.041 kilometer di dalam laut tersebut. Waktu pengerjaannya diperkirakan akan memakan waktu sekitar 400 hari. Setidaknya ada enam tempat di darat yang akan menjadi landing point kabel tersebut, di antaranya Mataram, Waingapu, dan Kupang. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com