Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Bisa Kembali ke Rp 9.400

Kompas.com - 30/10/2009, 09:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nilai rupiah terus jatuh. Kurs tengah BI kemarin memperlihatkan, rupiah tergelincir 0,94 persen ke Rp 9.685 per dollar AS. Namun, para analis berkeyakinan, rupiah akan menguat lagi.

"Pekan depan, rupiah bisa kembali ke level Rp 9.400-an per dollar AS," kata Apelles Rizal T Kawengian, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis Monex Investindo Futures.

Sebab, merujuk data Bloomberg, rupiah hingga pukul 21.25 ditransaksikan di harga Rp 9.593 per dollar AS. Jadi, menguat setelah sempat jatuh ke Rp 9.708 per dollar AS di perdagangan sesi siang.

Apelles melihat, pelemahan rupiah dalam tiga hari terakhir akibat aksi ambil untung sesaat. Selain itu, investor dilanda euforio setelah ada kabar ekonomi AS tumbuh 3,5 persen pada kuartal ketiga tahun 2009. Pertumbuhan produk domestik bruto AS ini lebih tinggi dari ekspektasi awal sebesar 3,3 persen dan secara tidak resmi mengakhiri resesi AS.

Namun, Kepala Riset Ekonomi BII Juniman menilai, isu pertumbuhan ekonomi itu belum menjadi fundamental yang kuat bagi penguatan dollar AS. "Optimisme terhadap membaiknya fundamental AS saat ini masih tanda tanya," ujarnya.

Investor masih menanti keputusan Federal Reserve (The Fed) mengenai level suku bunganya pada November nanti. Namun, melihat angka pengangguran yang masih tinggi, Juniman yakin, The Fed belum akan mengerek bunganya.

Jadi, dollar AS cuma akan menguat sesaat. "Besok kelihatannya rupiah akan menguat, tapi tipis," katanya, kemarin. Apelles meramalkan, hari ini rupiah akan bermain di kisaran Rp 9.550-Rp 9.640 per dollar AS.

Adapun Juniman menduga rupiah bergerak di koridor Rp 9.550-Rp 9.650 per dollar AS. (Irma Yani/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com