Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta Terbantu Sri Mulyani

Kompas.com - 22/10/2009, 14:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keputusan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menaruh kembali Sri Mulyani Indrawati sebagai Menteri Keuangan dinilai tepat. Pengalaman dan kemampuan perempuan yang akrab dipanggil Ani ini di bidang makroekonomi telah teruji selama lima tahun terkahir.

Demikian disampaikan pengamat ekonomi Center of Information and Development Studies, Umar Juoro, kepada Kompas.com di Jakarta. "Tidak perlu khawatir, kalau di makro kan ada Sri Mulyani," ujarnya, Kamis (22/10).

Karena itu, Umar menambahkan, posisi Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Perekonomian akan sangat terbantu oleh Ani. Hatta, menurutnya, dapat mempercayakan masalah makroekonomi kepada Sri Mulyani. "Hatta sebagai Menko (Perekonomian) posisinya sangat penting untuk koordinasi, sinergi menteri makro dan sektoral serta mikro, teknokrat dan politisi, baik yang berpengalaman dan baru," ujarnya.

Umar menambahkan, posisi Hatta yang berpengalaman sebagai politisi sangat penting karena nantinya Hatta akan melakukan koordinasi dengan menteri yang membawahi bidang perekonomian, di mana dalam kabinet Indonesia Bersatu II ini banyak menteri yang berlatar belakang politisi dan wajah baru. "Posisi Hatta menjadi penting karena banyak politisi dan muka baru," katanya.

Keunggulan lainnya adalah Hatta merupakan sosok yang dekat dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehingga akan memudahkan koordinasi antara menteri dan Presiden. Dalam lima tahun mendatang, menurut Umar, Hatta perlu memfokuskan kinerja untuk pengembangan sektor riil dan infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com