Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamawan Fauzi: Pascagempa, Ekonomi Lebih Baik

Kompas.com - 20/10/2009, 21:02 WIB

PADANG, KOMPAS.com — Gubernur Sumatera Barat Gamawan Fauzi memprediksi bahwa pascagempa 30 September, pertumbuhan ekonomi daerah ini bisa tumbuh lebih baik dari sebelum bencana.

"Kita optimistis, biasanya daerah pascabencana memiliki pertumbuhan ekonomi  lebih baik dibandingkan sebelum gempa, bahkan diprediksi tahun depan capai delapan persen," kata Gamawan Fauzi di kantor gubernuran, Selasa (20/10).

Gubernur menyebutkan, Pemprov Sumbar memprediksi bahwa pada 2009 pertumbuhan ekonomi Sumbar sedikit di bawah enam persen atau masih berada di atas nasional. Bahkan, di tingkat nasional yakin bahwa Sumbar pada 2010 bisa tembus pertumbuhan ekonomi delapan persen karena banyak tenaga kerja yang terserap di sektor pembangunan infrastruktur.

Meskipun pada pascagempa terdapat penambahan pengangguran, misalnya saja 1.000 orang, yang bekerja adalah 3.000 orang karena banyak yang membangun rumah, perhotelan, dan gedung-gedung pemerintahan.

Artinya, kata Gamawan, kompensasi akan besar dan bisa mencapai empat hingga lima kali lipat karena banyak pembangunan di sektor infrastruktur, yaitu jalan, jembatan, irigasi, dan fasilitas umum lainnya. 

Menyinggung masa pemulihan, Gamawan menyatakan bahwa prioritas pembangunan adalah sarana pendidikan dan sarana pelayanan kesehatan. "Kalau sekolah tidak mungkin siswa berlama-lama belajar di tenda, terkadang hujan dan panas. Maka itu menjadi skala prioritas, begitu juga sarana pelayanan kesehatan," katanya.

Menurut Gamawan, tahapan berikutnya adalah pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan irigasi sehingga jangan sampai mengganggu kelancaran pergerakan roda ekonomi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com