Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Tambah Dana Promosi 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 18/09/2009, 16:19 WIB

DETROIT, KOMPAS.com — Untuk meningkatkan penjualan di pasar Amerika Serikat (AS), produsen mobil terbesar di dunia, Toyota Motor Corp, akan menambah modal kerjanya senilai 1 miliar dollar AS. Dana ini akan digunakan untuk menopang kegiatan pemasaran dan promosi, khususnya berkaitan dengan kendaraan hybrid-nya,  Toyota Prius.

Strategi bisnis ini merupakan langkah baru yang dilakukan merek asal Negeri Sakura itu, pasca-kepemimpinan baru Akio Toyoda pada Juni 2009. Sebanyak 1.400 dealer Toyota dan Lexus di AS diberikan informasi bahwa pihak prinsipal akan lebih menurunkan harga jual agar mampu meningkatkan daya saing di mata konsumen.

Juru bicara Toyota, Irv Miller, seperti dikutip Reuters, menjelaskan, besarnya dana yang dikeluarkan Toyota untuk biaya pemasaran di kuartal terakhir 2009 meningkat 30-40 persen dari periode yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Dana tersebut nantinya juga akan diserap ke pembiayaan iklan dan insentif.

Sebagai tambahan, Toyota juga akan menawarkan bunga rendah untuk cicilan mobil karena besarnya nilai purnajual. Hal itu sekaligus mengacu pada kenaikan harga yang akan terjadi untuk mobil baru Toyota di pasar AS, yaitu produk sport utility vehicle (SUV) 4Runner. SUV itu akan segera diluncurkan.

Pihak dealer menyatakan, strategi yang diusung cucu dari penemu Toyota ini terbilang menyegarkan. Tujuannya akan mampu meningkatkan penjualan mobil dan meninggalkan rival yang mengancam saat ini, Hyundai Motor Co.

"Pesan yang coba disampaikan adalah, Toyota mulai bermain pola menyerang," ujar Pete DeLongchamps, Wakil Direktur Dealer Group 1 Automotive, yang merupakan salah satu dealer terbesar yang dimiliki Toyota di AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com