Polri: Bom Itu "Low Explosive"

Kompas.com - 17/07/2009, 16:28 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) menyebutkan, bom yang meledakkan Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton merupakan jenis low explosive. Tim penjinak bom hanya menemukan black powder pada bekas ledakan.

"Tim penjinak bom sedang mengolah TKP. Setelah melihat bekas dan lubangnya, dari fakta di lapangan, bomnya berjenis low explosive. Bukan high explosive," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Polisi Nanan Sukarna, dalam konferensi pers bersama Gubernur DKI Jakarta, di Menara Belagio, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat (17/7).

Begitupun dengan bom aktif yang ditemukan di kamar 1808 Hotel JW Marriott. Setelah diurai oleh tim penjinak bom, peledak tersebut juga termasuk dalam kategori low explosive.

Sebelumnya, Menteri Politik Hukum dan Keamanan Widodo AS mengatakan, bom yang meledak di kedua hotel tersebut berkekuatan ledak tinggi.

Pada pukul 07.47.12, Jumat (17/7), terjadi ledakan di lantai dua Hotel JW Marriott, Kuningan, Jakarta. Ini merupakan kedua kalinya hotel tersebut menjadi sasaran bom dari orang tak bertanggung jawab. Sepuluh menit kemudian (pukul 07.57.00), ledakan juga terjadi di Hotel Ritz-Carlton, Kuningan, Jakarta.

Sampai saat ini, tim kepolisian masih melakukan olah TKP. Polri juga menerapkan siaga I untuk seluruh anggota kepolisian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.